Categories
Bisnis

Mengkonsumsi Gula Berlebihan Dapat Membahayakan Fungsi Otak Anak Bunda

Makanan yang manis merupakan jenis makanan yang paling banyak digemari anak- anak, namun bunda perlu mengawasi jumlah gula yang dikonsumsi anak. Karena dapat memberikan pengaruh negatif pada tumbuh kembang anak. Apalagi jika anak masih mengkonsumsi susu pertumbuhan yang banyak atau melebihi batas usianya, bunda harus lebih teliti terhadap perbandingan kandungan gula dalam susu formula.

Sehingga Bunda dapat memilih susu pertumbuhan yang kadar gulanya sangat rendah, supaya jumlah konsumsi gula pada anak tidak berlebihan. Karena gula yang anak konsumsi tidak hanya dari susu pertumbuhan saja namun banyak makanan manis yang anak konsumsi seperti permen, kue dan yang lainnya. Oleh karena itu sangat penting dalam memilih susu pertumbuhan untuk anak.

perbandingan kandungan gula dalam susu formula
perbandingan kandungan gula dalam susu formula

Banyak hal yang bisa terjadi ketika anak mengkonsumsi gula yang terlalu banyak misalnya, kerusakan pada gigi, diabetes, obesitas dan masih banyak lagi yang bisa terjadi pada anak bunda, jika mengkonsumsi gula yang berlebihan. Hal yang paling membahayakan lagi dalam mengkonsumsi gula adalah terjadinya kerusakan pada otak anak. Kerusakan otak anak yang terjadi misalnya:

  1. Mengganggu fungsi memori

Sebuah penelitian di University Of Southern California menemukan bahwa peningkatan asupan gula dapat mengganggu kemampuan otak untuk berfungsi secara normal. Bahkan kemampuan anak mengingat sesuatu dengan detail bias terganggu sebelum mereka dewasa karena mengkonsumsi gula yang berlebihan.

  1. Menimbulkan efek Adiktif

Efek adiktif dapat terjadi pada anak- anak Maupun orang dewasa, gula dapat memberikan banyak dopamin pada otak, karena bahan kimia yang terkandung dapat membuat perasaan nyaman, sehingga fungsi otak dapat terganggu.

  1. Terjadi peradangan di salah satu area otak

Perlu Bunda ketahui bahwa mengkonsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan peradangan sel di area otak yang dikenal sebagai Hippocampus. Area ini memiliki peran yang sangat penting dalam proses penyimpanan ingatan serta menghubungkan indra dan emosi dengan ingatan tersebut.

  1. Terjadinya gangguan Neurotransmitter

Neurotransmitter merupakan bagian otak yang bertanggung jawab menjaga agar mood tetap stabil. Jika bagian tersebut terganggu maka akan mengakibatkan depresi dan kecemasan pada anak.

Nah, sekarang bunda harus lebih waspada terhadap jumlah gula yang dikonsumsi anak. Agar gula yang dikonsumsi dapat terkontrol, bunda dapat memberikan susu pertumbuhan Dancow Gum yang sesuai dengan usia anak bunda yang merupakan susu pertumbuhan yang aman dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *